Rabu, 18 Juni 2014


Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangatlah pesat, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sebagian besar remeja kita saat ini telah menggunakkan dan membutuhkan informasi tentang berbagai hal seperti berita, peristiwa, kejadian dan fenomena yang terjadi di berbagai belahan dunia. Informasi tersebut dapat kita peroleh dengan mudahnya melalui berbagai media dengan waktu yang cepat, singkat dan mudah hanya dalam satu klik saja melalui dunia maya. Sehingga berita apapun yang sedang terjadi di seluruh dunia dapat langsung kita ketahui dngan begitu mudahnya. Para produsen atau pembuat beritapun mengambil kesempatani ini untuk meraih keuntungan yang besar melalui berbagai cara, dan merekapun berlomba-lomba untuk menyajikan informasi dan berita yang aktual dan faktual.
Teknologi informasi dapat diartikan sebagai alat yang dapat membantu manusia dalam memperoleh, membuat, menyunting, menyimpan, mengkomunikasikan dan atau mempublikasikan informasi dalam berbagai bentuk dan variasi tertentu sesuai dengan penciptanya. Dengan menggunakkan berbagai macam media dan alat komunikasi berkecepatan tinggi untuk pengiriman dan penerimaan data, suara, tks dan video, contoh alat tersebut bukan hanya sebuah komputer saja, tetapi meliputi Hand Phone / Telephon, Pesawat TV dan sebagainya.
Sejarah perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi dapat diuraikan menjadi beberapa bagian yaitu sebagai berikut:
1.       Bahasa
Pada mulanya manusia dapat bertukar informasi, berinteraksi, dan dapat saling mengerti antara satu dengan yang lain melalui bahasa, dari sini maka bahasa merupakan teknologi dan juga merupakan penemuan terhebat sepanjang masa, karena dengan bahasa maka teknologi lain akan tercipta karena dengan bahasa inilah kita dapat menyampaikan ide dan pikiran kita kepada orang lain dan juga dapat bertukar pikiran melalui penyampaian dengan menggunakkan bahasa juga. Walaupun bahasa sangat penting bagi kehidupan sehari-hari dan merupakan penemuan terhebat, tetapi bahasa mempunyai berbagai kekurangan yaitu :
a.       Bahasa hanya disampaikan dari mulut ke mulut dan hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat percakapan terjadi dan setelah percakapan itu berakhir maka informasi yang baru saja disampaikan akan hilang begitu saja.
b.      Jangkauan suara yang terbatas menyebabkan informasi tidak dapat sampai ketempat yang sangat jauh, untuk jarak tertentu meskipun suara masih dapat terdengar tetapi  informasi yang diterima kepada pendengar tidak akan jelas dan atau bahkan dapat hilang sama sekali karena suara dapat juga terganggu oleh adanya suara lain yang muncul bersamaan.
2.       Gambar
Dengan menggunakkan gambar jangkauan informasi dapat mencapai ke daerah yang lebih jauh karena gambar mudah dibawa kemana-mana dan juga mudah disampaikan kepada orang lain karena gambar juga memberikan ilustrasi tentang informasi yang diberikan. Kelebihan gambar adalah informasi yang terkandung didalamnya akan bertahan lama dan bisa disimpan serta disalin lagi.
3.       Tulisan/aksara
Karena manusia kesulitan jika hanya mnggunakkan gambar maka manusia berusaha mencari alat komunikasi yang lain, maka ditemukanlah tulisan untuk mempermudah penyampaian informasi yang lebih efisien dan lebih ringkas daripada cara-cara seblumnya, suatu gambar yang memuat tentang suatu informasi telah dikembangkan dengan cara memberi tulisan sebagai penjelas atau sebagai keterangan dalam gambar tersebut.
Kemudian teknologi semakin berkembang, dengan adanya komputer dan alat-alat elektronik yang lain maka penulisan informasi menjadi lebih cepat , lebih mudah disampaikan, lebih mudah disimpan dan juga akan terlihat lebih menarik dengan sedikit sentuhan dari tangan-tangan yang kreatif.
Pada saat ini HP, komputer, TV, dan radio sudah bukan merupakan barang mewah lagi, itu disebabkan karena kebutuhan kita yang mendesak akan pemaikaian teknologi elektronik, bayangkan saja dulu orang-orang beranggapan bahwa “jika kita tidak bisa membaca dan menulis kita akan ketinggalan zaman”, tetapi sekarang anggapan itu berubah menjadi “jika kita tidak menguasai komputer maka kita akan ketinggalan zaman” unkapan itu agak aneh memang tapi itu sudah menjadi kenyataan pada zaman sekarang ini yang  sudah serba menggunakkan teknologi.
Di sekolah-sekolah, Teknologi Informasi dan Komunikasi telah menjadi suatu kurikulum pembelajaran yang biasanya meliputi tentang pembelajaran mengenai aplikasi pengolah data, kata, angka, desain grafis dan presentasi, dengan adanya materi tersebut para siswa diharapkan dapat menguasai dan menggunakkan komputer serta dapat digunakkan sebagai motivasi dan inovasi akan perkembangan teknologi dan diharapkan juga dapat menciptakan dan mengembangkan sebuah teknologi yang ada saat ini agar menjadi lebih baik.
Pemanfaatan teknologi informasi didalam kalangan remaja dan pelajar saat ini kebanyakan dari mereka belum dapat menggunakkan dan mengoptimalkan fungsi-fungsi dari teknologi tersebut, sebagai contoh : sekitar ± 90% siswa/ siswi yang membawa hp yang terkoneksi ke jaringan internet, telah memiliki akun sebuah situs jejaring sosial atau lebih dikenal dengan nama “social network”, tak ketinggalan juga siswa yang tidak punya hp pun ikut-ikutan ingin punya akun dalam situs jejaring sosial tersebut dengan alasan agar tidak ketinggalan zaman atau hanya sekedar having fun saja maka tidak heran jika Indonesia merupakan negara pengakses  facebook terbesar ke-3 setelah Inggris dan Amerika yaitu sekitar 26,5 juta pengguna. Pengunaan game online juga sebenarnya  termasuk perkmbangan teknologi yang sifatnya hanya untuk hiburan semata,  jika tidak dibatasi dan tidak berhati-hati akan menyebabkan orang kecanduan game online tersebut, bahkan sampai ada yang rela bolos sekolah hanya untuk main game online.

Dari uraian tersebut teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia maya mempunyai dua dampak yaitu dampak positif dan dampak negativ.
1.       Dampak Positif
a)      Memberikan pengetahuan tambahan
b)      Memperoleh akses terhadap informasi yang tidak terbatas
c)       Informasi lebih cepat diterima
d)      Penyajian yang lebih menarik dan lebih atraktif
e)      Dari segi financial dapat digunakkan sebagai sarana untuk melakukan kegiatan yang bersifat komersial
f)       Jarak semakin dekat dan bahkan tidak terbatas
g)      Memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan
2.       Dampak negatif
a)      Dengan adanya informasi yang tidak terbatas maka kita perlu menyaring informasi mana yang harus diambil dan informasi mana yang tidak boleh diambil
b)      Terdapat pembohongan pubilk yang dilakukan olh oknum yang tidak bertanggung jawab supaya mereka mendapatkan keuntungan.
c)       Cyber crime/ kejahatan dunia maya yang sangat mengganggu dan merugikan serta semakin banyak variasi dan jenisnya dengan mengikuti perkembangan teknologi
d)      Terdapat situs-situs yang tidak patut untuk dibuka dan di lihat
e)      Menguras waktu biaya dan fikiran jika digunakkan secara berlebihan
f)       Menumbuhkan sikap malas karena terlalu sering main game online

Oleh karena itu sebaiknya kita harus dapat dapat memilih-milih informasi yang baik dan mmbentengi diri dari situs-situs yang tidak seharusnya ada dan mengawasi penggunaaan teknologi pada anak-anak khususnya teknologi internet agar tidak disalah gunakkan.

0 komentar:

Posting Komentar