Rabu, 18 Juni 2014

SOAL E-COMMERCE
1.      BERIKUT INI YANG MERUPAKAN JENIS RELASI DALAM DUNIA BISNIS YANG BIASA DIJALIN OLEH SEBUAH PERUSAHAAN MENURUT FINGAR ADALAH….
a.      RELASI DENGAN PEMASOK (SUPPLIER)
b.      RELASI DENGAN DISTRIBUTOR
c.      RELASI DENGAN REKANAN (PARTNER)
d.     RELASI DENGAN KONSUMEN (CUSTOMER)
e.      SEMUA BENAR

2.      INFRASTRUKTUR JARINGAN KOMPUTER YANG MENGHUBUNGKAN SEMUA SUMBER DAYA MANUSIA, BAIK MANAJMEN MAUPUN STAF, DALAM SEBUAH PERUSAHAAN SEHINGGA DENGAN MUDAH MEREKA DAPAT SALING BERKOMUNIKASI UNTUK MENUNJANG AKTIVITAS BISNIS SEHARI-HARI. PERNYATAAN DI ATAS MERUPAKAN PENGERTIAN DARI….
a.      E-COMMERCE
b.      EKSTRANET
c.      INTERNET
d.     INTRANET
e.      RELASI

3.      SECARA STRATEGIS, ADA TIGA DOMAIN BESAR YANG MEMBENTUK KOMUNITAS E-COMMERCE, YAITU….
a.     PROSES, INSTITUSI, DAN TEKNOLOGI
b.      INTRANET, EKSTRANET, DAN INTERNET
c.      MARKETING, SALES, PAYMENT, SUPPORT
d.     MANUFACTURES, SUPPLIER, CUSTOMER
e.      CUSTOMERS, ONLINE ADS, ONLINE ORDERS

4.      BERDASARKAN JENIS APLIKASI YANG DIPERGUNAKAN, E-COMMERCE DAPAT DIKATEGORIKAN MENJADI 4 (EMPAT) TIPE YAITU….
a.      I-MARKET, CUSTOMER CARE, MANUFACTURES, SUPPLIER
b.      VENDOR, MANUFACTURES, SUPPLIER, DISTRIBUTION
c.      CUSTOMER, VENDOR, EXTENDED SUPPLY CHAIN, I-MARKET
d.     I-MARKET, VENDOR MANAGEMENT, DISTRIBUTION, SUPPLIER
e.      I-MARKET, CUSTOMER CARE, VENDORS MANAGEMENT,  EXTENDED SUPPLY CHAIN

5.      APLIKASI E-COMMERCE YANG MEMILIKI TIPE BISNIS B TO C ADALAH….
a.     I-MARKET
b.      CUSTOMER CARE
c.      MANUFACTURES
d.     A DAN B BENAR
e.      SEMUA SALAH

6.      DI DALAM PROSES BISNIS MELALUI E_COMMERCE, ADA BEBERAPA ALIRAN ENTITI YANG HARUS DIKELOLA DENGAN BAIK. BERIKUT YANG BUKAN MERUPAKAN ALIRAN ENTITY YANG DIMAKSUD ADALAH….
a.      FLOW OF BUSINESS
b.      FLOW OF GOODS
c.       FLOW OF INFORMATION
d.      FLOW OF MONEY
e.      FLOW OF DOCUMENTS

7.      TAHAPAN DI MANA PERUSAHAAN MULAI MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN APLIKASI SITUSNYA  UNTUK MEMUNGKINKAN TERJADINYA KOMUNIKASI DUA ARAH (DIALOG) ANTARA PERUSAHAAN DENGAN PARA KONSUMENNYA (ATAU CALON PELANGGAN) DISEBUT….
a.      BROCHURWARE
b.      CUSTOMER INTERACTIVITY
c.       TRANSACTION ENABLER
d.      ONE-TO-ONE RELATIONSHIP
e.      REAL TIME ORGANIZATIONS

8.      TAHAP TERAKHIR DALAM EVOLUSI E-BUSINESS ADALAH COMMUNITIES OF INTERESTS, YAITU….
a.      PENGEMBANGAN SUATU APLIKASI YANG MEMUNGKINKAN TERJADINYA TRANSAKSI BISNIS SECARA ELEKTRONIK (E-COMMERCE)
b.      MEKANISME YANG MEMUNGKINKAN TERJADINYA TRANSAKSI PERDAGANGAN ANTAR INDIVIDU
c.       KEMAMPUAN PERUSAHAAN DALAM MEMBENTUK SEBUAH KOMUNITAS DI DUNIA MAYA,  YANG TERDIRI DARI PARA KONSUMEN DAN REKANAN BISNIS YANG SALING BEKERJA SAMA UNTUK MENCIPTAKAN VALUE DI INTERNET
d.      SELURUH TRANSAKSI TELAH DIAMBIL ALIS SECARA OTOMATIS OLEH KOMPUTER
e.      MENGGUNAKAN INTERNET SEBAGAI MEDIUM UNTUK BERPROMOSI (MARKETING)



9.      1.  STRENGTHS
2.  VENDOR
3.  WEAKNESSES
4.  OPPORTUNITIES
5.  THREATS
6.  GOALS
7.  CUSTOMER
8.  REQUIREMENTS
9.  CONSTRAINTS
YANG MERUPAKAN BAGIAN/KOMPONEN DARI E-COMMERCE BUSINESS STRATEGY YAITU :
a.      1,2,3,4
b.      1,3,6,7
c.       1,4,7,8
d.      1,3,4,8
e.      A DAN B BENAR

10.  SUATU SISTEM DIMANA ORGANISASI DAPAT DENGAN MUDAH BERADAPTASI DENGAN  SETIAP PERUBAHAN DINAMIS YANG TERJADI DI LINGKUNGAN SEKITAR PERUSAHAAN DISEBUT….
a.      DIGITIZATION
b.      VIRTUALIZATION
c.       MOLECULARIZATION
d.      INTERNETWORKING
e.      DISINTERMEDIATION

11.  KUNCI SUKSES PERUSAHAAN DALAM BISNIS INTERNET TERLETAK PADA TINGKAT KEMAMPUAN DAN KUALITAS PERUSAHAAN DALAM MENGKONVERGENSIKAN TIGA  SEKTOR INDUSTRY. TIGA SECTOR INDUSTRY TERSEBUT ADALAH….
a.      COMPUTING, COMMUNICATION DAN CONTENT
b.      INTERNET, INTRANET DAN EKSTRANET
c.       INSTANSI, TEKNOLOGI DAN SUPPLIER
d.      PROSES, INSTITUSI DAN TEKNOLOGI
e.      COMPUTING, KNOWLEDGE DAN COMMUNICATION



12.  SALAH SATU CIRRI KHAS EKONOMI DIGITAL ADALAH TERJADINYA FENOMENA PERUBAHAN STRUKTUR SOSIAL DAN BUDAYA SEBAGAI DAMPAK KONSEKUENSI LOGIS TERJADINYA PERUBAHAN SEJUMLAH PARADIGMA TERKAIT DENGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI. PERNYATAAN TERSEBUT JUGA DAPAT DINYATAKAN DENGAN ISTILAH….
a.      DISINTERMEDIATION
b.      INNOVATION
c.       PROSUMPTION
d.      DISCORDANCE
e.      GLOBALIZATION

13.  KERANGKA DALAM BENTUK MATRIKS YANG DIPERGUNAKAN OLEH PERUSAHAAN SEBAGAI PADUAN DALAM MEMAHAMI POSISI KEBERADAAN E-BUSINESS TERDIRI DARI 4 KUADRAN YAITU….
a.      EFFICIENCY FOCUSED, NEW BUSINESS MODEL, BUSINESS MODEL SHIFT, LOW/MODERATE RISK
b.      EXPERIENCE BUILDING, NEW MARKET SEGMENTS, RATIONAL EXPERIMENTATION, NEW BUSINESS MODEL
c.       OPERATIONAL EXCELLENT, BREAKTHROUGH STRATEGIES, NEW FUNDAMENTALS, RATIONAL EXPERIMENTATION
d.      SHIFT INDUSTRY DYNAMICS, RATIONAL EXPERIMENTATION, NEW MARKET SEGMENTS, BREAKTHROUGH STRATEGIES
e.      EFFICIENCY FOCUSED, NEW MARKET SEGMENTS, NEW FUNDAMENTALS, EXPERIENCE BUILDING

14.  KUADRAN DIMANA PERUSAHAAN BENAR-BENAR MENGGANTUNGKAN DIRINYA PADA KEHANDALAN  SISTEM E-BUSINESS YANG DIKEMBANGKAN DISEBUT DENGAN ISTILAH….
a.      BREAKTHROUGH STRATEGIES
b.      EFFICIENCY FOCUSED
c.       RATIONAL EXPERIMENTATION
d.      LOW/MODERATE RISK
e.      SHIFT INDUSTRY DYNAMICS

15.  MENURUT DON TAPSCOTT DIGITAL COMMUNITY LAYERS TERDIRI DARI SEJUMLAH KOMPONEN (LAYER) YAITU….
a.      CUSTOMER LAYER, PRESENTATION LAYER, SESION LAYER, INTEGRATION MANAGEMENT LAYER
b.      CUSTOMER LAYER, LOCATION LAYER, APPLICATION LAYER, INTEGRATION MANAGEMENT LAYER
c.       APPLICATION LAYER, PRESENTATION LAYER, SESION LAYER, INTEGRATION MANAGEMENT LAYER
d.      CUSTOMER LAYER, LOCATION LAYER, APPLIANCES LAYER, INTEGRATION MANAGEMENT LAYER
e.      APPLIANCES LAYER, PRESENTATION LAYER, SESION LAYER, INTEGRATION MANAGEMENT LAYER

16.  ADA 3 TAHAPAN PENGEMBANGAN YANG HARUS DIKEMBANGKAN OLEH SUATU NEGARA JIKA INGIN MULAI MEMBANGUN KOMUNITAS DIGITAL-NYA (DIGITAL COMMUNITY), YAITU….
a.      TEKNOLOGI, JARINGAN DAN KONEKSTIVITAS
b.      KONEKTIVITAS, KOMUNIKASI DAN KOMUNITAS
c.       KOMUNIKASI, INFORMASI DAN TEKNOLOGI
d.      KOMUNITAS, JARINGAN DAN TEKNOLOGI
e.      KONEKTIVITAS, INFORMASI DAN KOMUNIKASI

17.  1.   OPEN MARKET
2.      AGGREGATION
3.      APPLIANCES
4.      INTEGRATION
5.      DISTRIBUTION
6.      MANAGEMENT
7.      ALLIANCE
YANG MERUPAKAN JENIS KOMUNITAS BUSINESS ELEKTRONIK (ELECTRONIC BUSINESS COMMUNITY)ADALAH….
a.      1,3,4,6
b.      1,2,3,7
c.       2,4,5,7
d.      1,2,4,7
e.      SEMUA BENAR

18.  SUATU KOMUNITAS DI MANA BIASANYA SEBUAH PERUSAHAAN BERFUNGSI SEBAGAI PEMIMPIN ATAU MEDIATOR DALAM PROSES TRANSAKSI ELEKTRONIK YANG TERJADI ANTARA PRODUSER DAN KONSUMER (PENJUAL DAN PEMBELI) DISEBUT….
a.      APPLIANCES
b.      ALLIANCE
c.       INTEGRATION
d.      OPEN MARKET
e.      SEMUA SALAH
19.  KOMUNITAS YANG PALING LIBERAL DAN VIRTUAL KARENA SIFATNYA YANG INGIN MELAKUKAN SEGALA JENIS INTEGRASI PERDAGANGAN YANG MUNGKIN DIADAKAN DALAM CYBERSPACE TANPA MENERAPKAN BERBAGAI JENIS PERATURAN YANG MENGIKAT (DIISTILAHKAN SEBAGAI VALUE SPACE) ADALAH….
a.         APPLIANCES
b.         ALLIANCE
c.         INTEGRATION
d.         OPEN MARKET
e.         SEMUA SALAH

20.  KUMPULAN ATAU KONSORSIUM ANTARA  BEBERAPA PERUSAHAAN YANG SALING BEKERJA SAMA (MEMILIKI KETERGANTUNGAN) DI DUNIA MAYA UNTUK MENCIPTAKAN PRODUK DAN JASA YANG BERNILAI TINGGI (HIGH VALUE) UNTUK DITAWARKAN KEPADA CALON PELANGGAN (CUSTOMERS) MERUPAKAN DEFINISI DARI….
a.         DIGITAL COMMUNITY
b.        CYBERSPACE
c.         E-COMMERCE
d.         B-WEB
e.         VIRTUALIZATION
21.         SALAH SATU KARAKTERISTIK E-COMMERCE ADALAH SEPERTI DISEBUTKAN DIBAWAH INI, KECUALI
a.      TERJADINYA TRANSAKSI ANTARA DUA BELAH PIHAK
b.      ADANYA PERTUKARAN BARANG, JASA, ATAU INFORMASI
c.       TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN BERBASISKAN JARINGAN DAN PERALATAN DIGITAL
d.      INTERNET MERUPAKAN MEDIUM UTAMA DALAM PROSES ATAU MEKANISME PERDAGANGAN TERSEBUT.
e.      TRANSAKSI JUAL BELI YANG MASIH DILAKUKAN SECARA KONVENSIONAL

22.  BERDASARKAN FINGAR, EMPAT JENIS RELASI DALAM DUNIA BISNIS DISEBUTKAN SEBAGAI BERIKUT, KECUALI:
a.      RELASI DENGAN PEMASOK (SUPPLIER)
b.      RELASI DENGAN REKANAN (PARTNER)
c.       RELASI DENGAN PEMERINTAH (GOVERNMENT)
d.      RELASI DENGAN DISTRIBUTOR
e.      RELASI DENGAN KONSUMEN (CUSTOMER)

23.  BERDASARKAN JENIS APLIKASI YANG DIGUNAKAN, E-COMMERCE DIKATEGORIKAN MENJADI 4, YAITU:
a.            I-MARKET, INTER-NETWORKING, VENDORS MANAGEMENT, DAN EXTENDED SUPPLY CHAIN
b.            I-MARKET, CUSTOMER CARE, VENDORS MANAGEMENT, DAN INTER-NETWORKING
c.             I-MARKET, INTER-NETWORKING, VENDORS MANAGEMENT, DAN SINGLE CONVENTIONAL SUPPLY
d.            I-MARKET, CUSTOMER CARE, VENDORS MANAGEMENT, DAN EXTENDED SUPPLY CHAIN
e.            I-MARKET, CUSTOMER CARE, VENDORS MANAGEMENT, DAN SINGLE CONVENTIONAL SUPPLY

  1. DEFINISI SECARA UMUM MENGENAI I-MARKET YANG BENAR DIBAWAH INI ADALAH…
a.      SUATU TEMPAT ATAU ARENA DI DUNIA MAYA DIMANA CALON PEMBELI DAN PENJUAL SALING BERTEMU UNTUK MELAKUKAN TRANSAKSI SECARA ELEKTRONIS MELALUI MEDIUM INTERNET.
b.      SUATU TEMPAT ATAU ARENA DI DUNIA MAYA DIMANA PRODUSEN DAN INVESTOR SALING BERTEMU UNTUK MELAKUKAN NEGOSIASI BISNIS SECARA ONLINE MELALUI TEKNOLOGI MOBILE.
c.       INTERAKSI JUAL BELI YANG DILAKUKAN OLEH PENGGUNA INTERNET
d.      PROSES NIAGA YANG DILAKUAKN ANTARA PRODUSEN DAN DISTRIBUTOR UNTUK MENYEBARKAN HASIL PRODUKSINYA KEPADA KONSUMEN MELALUI JARINGAN INTERNET
e.      SEMUA BENAR

  1. PROSES ATAU AKTIVITAS YANG DIJALANKAN PERUSAHAAN MULAI DARI “BAHAN MENTAH” (RAW MATERIALS) DIBELI SAMPAI DENGAN PRODUK JADI DITAWARKAN KEPADA CALON KONSUMEN ADALAH SEBUAH AKTIVITAS DALAM E-COMMERCE YANG SERING DISEBUT DENGAN..
    1. SUPPLY CHAIN
    2. VENDOR MANAGEMENT
    3. MANAGEMENT OF RESOURCES
    4. MARKET REVIEW
    5. PRODUCTION HOUSE

26. DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN E-COMMERCE DIPERLUKAN LANGKAH AWAL  AGAR   SEMUA KOMPONEN YANG TELIBAT DAPAT BERJALAN SESUIA FUNGSI, MAKA TELEBIH DAHULU HARUS DITETAPKAN ?
A.   VISI E-COMMERCE 
B    LANGKAH AWAL PENGEMBANGAN E-COMMERCE
 C.   HASIL PENGEMBANGAN E-COMMERCE
D   SASARAN PENGEMBANGAN E-COMMERCE
E.   MISI E-COMMERCE
27.  BERIKUT INI YANG BUKAN  MERUPAKAN KARAKTERISTIK PENTING DARI EKONOMI DIGITAL MENURUT DON TAPSCOTT YAITU ?
  1. DIGITAZION
  2. MOLECULARIZATION
  3. FERTILIZATION
  4. IMMEDIACY
  5. GLOBLIZATION

28.  ELECTRONIC BUSINESS VALUE MATRIX TERDIRI DARI 4 KUADRAN, BERIKUAT INI YANG BUKAN MERUPAKAN KOMPONEN DARI KUADRAN TERSEBUT YAITU ?
  1. NEW FUNDAMENTALS
  2. RATIONAL EXPERIMENTATION
  3. OPERATIONAL EXPERIENCE
  4. BREAKTHROUGH STRATEGIES
  5. RATIONAL STRATEGIES


29.     BERIKUT INI YANG BUKAN MERUPAKAN KOMPONEN (LAYER) DARI DIGITAL COMMUNITY LAYERS ADALAH ?
  1. CUSTOMER LAYER
  2. LOCATION LAYER
  3. APLICATION LAYER
  4. APPLIANCES LAYER
  5. INTEGRATION MANAGEMENT LAYER

30.  DIBAWAH INI ADALAH YANG BUKAN TERMASUK  DALAM PROSES BISNIS DI KERANGKA E-COMMERCE, YANG HARUS DIKELOLA DENGAN BAIK YAITU :

  1. FLOW OF GOODS (ALIRAN PRODUK)
  2. FLOW OF BUSINESS (ALIRAN BISNIS)
  3. FLOW OF INFORMATION (ALIRAN INFORMASI)
  4. FLOW OF MONEY (ALIRAN UANG)
  5. FLOW OF DOCUMENTS (ALIRAN DOKUMEN).

0 komentar:

Posting Komentar