SOAL E-COMMERCE
1. BERIKUT INI YANG MERUPAKAN JENIS
RELASI DALAM DUNIA BISNIS YANG BIASA DIJALIN OLEH SEBUAH PERUSAHAAN MENURUT
FINGAR ADALAH….
a. RELASI DENGAN PEMASOK (SUPPLIER)
b. RELASI DENGAN DISTRIBUTOR
c. RELASI DENGAN REKANAN (PARTNER)
d. RELASI DENGAN KONSUMEN (CUSTOMER)
e.
SEMUA BENAR
2. INFRASTRUKTUR JARINGAN KOMPUTER YANG
MENGHUBUNGKAN SEMUA SUMBER DAYA MANUSIA, BAIK MANAJMEN MAUPUN STAF, DALAM
SEBUAH PERUSAHAAN SEHINGGA DENGAN MUDAH MEREKA DAPAT SALING BERKOMUNIKASI UNTUK
MENUNJANG AKTIVITAS BISNIS SEHARI-HARI. PERNYATAAN DI ATAS MERUPAKAN PENGERTIAN
DARI….
a. E-COMMERCE
b. EKSTRANET
c. INTERNET
d.
INTRANET
e. RELASI
3. SECARA STRATEGIS, ADA TIGA DOMAIN BESAR YANG MEMBENTUK
KOMUNITAS E-COMMERCE, YAITU….
a.
PROSES, INSTITUSI, DAN TEKNOLOGI
b. INTRANET, EKSTRANET, DAN INTERNET
c. MARKETING, SALES, PAYMENT, SUPPORT
d. MANUFACTURES, SUPPLIER, CUSTOMER
e. CUSTOMERS, ONLINE ADS, ONLINE ORDERS
4. BERDASARKAN JENIS APLIKASI YANG
DIPERGUNAKAN, E-COMMERCE DAPAT DIKATEGORIKAN MENJADI 4 (EMPAT) TIPE YAITU….
a. I-MARKET, CUSTOMER CARE,
MANUFACTURES, SUPPLIER
b. VENDOR, MANUFACTURES, SUPPLIER,
DISTRIBUTION
c. CUSTOMER, VENDOR, EXTENDED SUPPLY
CHAIN, I-MARKET
d. I-MARKET, VENDOR MANAGEMENT,
DISTRIBUTION, SUPPLIER
e.
I-MARKET, CUSTOMER CARE, VENDORS
MANAGEMENT, EXTENDED SUPPLY CHAIN
5. APLIKASI E-COMMERCE YANG MEMILIKI
TIPE BISNIS B TO C ADALAH….
a.
I-MARKET
b. CUSTOMER CARE
c. MANUFACTURES
d. A DAN B BENAR
e. SEMUA SALAH
6.
DI
DALAM PROSES BISNIS MELALUI E_COMMERCE, ADA
BEBERAPA ALIRAN ENTITI YANG HARUS DIKELOLA DENGAN BAIK. BERIKUT YANG BUKAN
MERUPAKAN ALIRAN ENTITY YANG DIMAKSUD ADALAH….
a. FLOW OF BUSINESS
b.
FLOW
OF GOODS
c.
FLOW
OF INFORMATION
d.
FLOW
OF MONEY
e.
FLOW
OF DOCUMENTS
7.
TAHAPAN
DI MANA PERUSAHAAN MULAI MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN APLIKASI SITUSNYA UNTUK MEMUNGKINKAN TERJADINYA KOMUNIKASI DUA
ARAH (DIALOG) ANTARA PERUSAHAAN DENGAN PARA KONSUMENNYA (ATAU CALON PELANGGAN)
DISEBUT….
a.
BROCHURWARE
b. CUSTOMER INTERACTIVITY
c.
TRANSACTION
ENABLER
d.
ONE-TO-ONE
RELATIONSHIP
e.
REAL
TIME ORGANIZATIONS
8.
TAHAP
TERAKHIR DALAM EVOLUSI E-BUSINESS ADALAH COMMUNITIES OF INTERESTS, YAITU….
a.
PENGEMBANGAN
SUATU APLIKASI YANG MEMUNGKINKAN TERJADINYA TRANSAKSI BISNIS SECARA ELEKTRONIK
(E-COMMERCE)
b.
MEKANISME YANG MEMUNGKINKAN TERJADINYA
TRANSAKSI PERDAGANGAN ANTAR INDIVIDU
c.
KEMAMPUAN
PERUSAHAAN DALAM MEMBENTUK SEBUAH KOMUNITAS DI DUNIA MAYA, YANG TERDIRI DARI PARA KONSUMEN DAN REKANAN
BISNIS YANG SALING BEKERJA SAMA UNTUK MENCIPTAKAN VALUE DI INTERNET
d.
SELURUH TRANSAKSI TELAH DIAMBIL ALIS
SECARA OTOMATIS OLEH KOMPUTER
e.
MENGGUNAKAN INTERNET SEBAGAI MEDIUM
UNTUK BERPROMOSI (MARKETING)
9.
1. STRENGTHS
2. VENDOR
3. WEAKNESSES
4. OPPORTUNITIES
5. THREATS
6. GOALS
7. CUSTOMER
8. REQUIREMENTS
9. CONSTRAINTS
YANG MERUPAKAN
BAGIAN/KOMPONEN DARI E-COMMERCE BUSINESS STRATEGY YAITU :
a.
1,2,3,4
b.
1,3,6,7
c. 1,4,7,8
d.
1,3,4,8
e.
A
DAN B BENAR
10. SUATU SISTEM DIMANA ORGANISASI DAPAT
DENGAN MUDAH BERADAPTASI DENGAN SETIAP
PERUBAHAN DINAMIS YANG TERJADI DI LINGKUNGAN SEKITAR PERUSAHAAN DISEBUT….
a.
DIGITIZATION
b. VIRTUALIZATION
c.
MOLECULARIZATION
d.
INTERNETWORKING
e.
DISINTERMEDIATION
11. KUNCI SUKSES PERUSAHAAN DALAM BISNIS
INTERNET TERLETAK PADA TINGKAT KEMAMPUAN DAN KUALITAS PERUSAHAAN DALAM
MENGKONVERGENSIKAN TIGA SEKTOR INDUSTRY.
TIGA SECTOR INDUSTRY TERSEBUT ADALAH….
a.
COMPUTING,
COMMUNICATION DAN CONTENT
b.
INTERNET,
INTRANET DAN EKSTRANET
c.
INSTANSI,
TEKNOLOGI DAN SUPPLIER
d. PROSES, INSTITUSI DAN TEKNOLOGI
e.
COMPUTING,
KNOWLEDGE DAN COMMUNICATION
12. SALAH SATU CIRRI KHAS EKONOMI DIGITAL
ADALAH TERJADINYA FENOMENA PERUBAHAN STRUKTUR SOSIAL DAN BUDAYA SEBAGAI DAMPAK
KONSEKUENSI LOGIS TERJADINYA PERUBAHAN SEJUMLAH PARADIGMA TERKAIT DENGAN
KEHIDUPAN SEHARI-HARI. PERNYATAAN TERSEBUT JUGA DAPAT DINYATAKAN DENGAN
ISTILAH….
a.
DISINTERMEDIATION
b.
INNOVATION
c.
PROSUMPTION
d.
DISCORDANCE
e. GLOBALIZATION
13. KERANGKA DALAM BENTUK MATRIKS YANG
DIPERGUNAKAN OLEH PERUSAHAAN SEBAGAI PADUAN DALAM MEMAHAMI POSISI KEBERADAAN
E-BUSINESS TERDIRI DARI 4 KUADRAN YAITU….
a.
EFFICIENCY
FOCUSED, NEW BUSINESS MODEL, BUSINESS MODEL SHIFT, LOW/MODERATE RISK
b.
EXPERIENCE BUILDING , NEW MARKET SEGMENTS, RATIONAL
EXPERIMENTATION, NEW BUSINESS MODEL
c. OPERATIONAL EXCELLENT, BREAKTHROUGH STRATEGIES, NEW FUNDAMENTALS,
RATIONAL EXPERIMENTATION
d.
SHIFT
INDUSTRY DYNAMICS, RATIONAL EXPERIMENTATION, NEW MARKET SEGMENTS, BREAKTHROUGH
STRATEGIES
e.
EFFICIENCY
FOCUSED, NEW MARKET SEGMENTS, NEW FUNDAMENTALS, EXPERIENCE BUILDING
14. KUADRAN DIMANA PERUSAHAAN BENAR-BENAR
MENGGANTUNGKAN DIRINYA PADA KEHANDALAN
SISTEM E-BUSINESS YANG DIKEMBANGKAN DISEBUT DENGAN ISTILAH….
a. BREAKTHROUGH STRATEGIES
b.
EFFICIENCY
FOCUSED
c.
RATIONAL
EXPERIMENTATION
d.
LOW/MODERATE
RISK
e.
SHIFT
INDUSTRY DYNAMICS
15. MENURUT DON TAPSCOTT DIGITAL
COMMUNITY LAYERS TERDIRI DARI SEJUMLAH KOMPONEN (LAYER) YAITU….
a.
CUSTOMER
LAYER, PRESENTATION LAYER, SESION LAYER, INTEGRATION MANAGEMENT LAYER
b.
CUSTOMER
LAYER, LOCATION LAYER, APPLICATION LAYER, INTEGRATION MANAGEMENT LAYER
c.
APPLICATION
LAYER, PRESENTATION LAYER, SESION LAYER, INTEGRATION MANAGEMENT LAYER
d. CUSTOMER LAYER, LOCATION LAYER, APPLIANCES LAYER, INTEGRATION MANAGEMENT
LAYER
e.
APPLIANCES
LAYER, PRESENTATION LAYER, SESION LAYER, INTEGRATION MANAGEMENT LAYER
16. ADA 3 TAHAPAN PENGEMBANGAN YANG HARUS
DIKEMBANGKAN OLEH SUATU NEGARA JIKA INGIN MULAI MEMBANGUN KOMUNITAS DIGITAL-NYA
(DIGITAL COMMUNITY), YAITU….
a.
TEKNOLOGI,
JARINGAN DAN KONEKSTIVITAS
b.
KONEKTIVITAS,
KOMUNIKASI DAN KOMUNITAS
c.
KOMUNIKASI,
INFORMASI DAN TEKNOLOGI
d. KOMUNITAS, JARINGAN DAN TEKNOLOGI
e.
KONEKTIVITAS,
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
17. 1.
OPEN MARKET
2.
AGGREGATION
3.
APPLIANCES
4.
INTEGRATION
5.
DISTRIBUTION
6.
MANAGEMENT
7.
ALLIANCE
YANG MERUPAKAN JENIS
KOMUNITAS BUSINESS ELEKTRONIK (ELECTRONIC BUSINESS COMMUNITY)ADALAH….
a.
1,3,4,6
b.
1,2,3,7
c.
2,4,5,7
d.
1,2,4,7
e. SEMUA BENAR
18. SUATU KOMUNITAS DI MANA BIASANYA
SEBUAH PERUSAHAAN BERFUNGSI SEBAGAI PEMIMPIN ATAU MEDIATOR DALAM PROSES
TRANSAKSI ELEKTRONIK YANG TERJADI ANTARA PRODUSER DAN KONSUMER (PENJUAL DAN
PEMBELI) DISEBUT….
a.
APPLIANCES
b.
ALLIANCE
c.
INTEGRATION
d.
OPEN
MARKET
e. SEMUA SALAH
19. KOMUNITAS YANG PALING LIBERAL DAN
VIRTUAL KARENA SIFATNYA YANG INGIN MELAKUKAN SEGALA JENIS INTEGRASI PERDAGANGAN
YANG MUNGKIN DIADAKAN DALAM CYBERSPACE TANPA MENERAPKAN BERBAGAI JENIS
PERATURAN YANG MENGIKAT (DIISTILAHKAN SEBAGAI VALUE SPACE) ADALAH….
a.
APPLIANCES
b.
ALLIANCE
c.
INTEGRATION
d.
OPEN
MARKET
e.
SEMUA SALAH
20. KUMPULAN ATAU KONSORSIUM ANTARA BEBERAPA PERUSAHAAN YANG SALING BEKERJA SAMA
(MEMILIKI KETERGANTUNGAN) DI DUNIA MAYA UNTUK MENCIPTAKAN PRODUK DAN JASA YANG
BERNILAI TINGGI (HIGH VALUE) UNTUK DITAWARKAN KEPADA CALON PELANGGAN
(CUSTOMERS) MERUPAKAN DEFINISI DARI….
a.
DIGITAL
COMMUNITY
b.
CYBERSPACE
c.
E-COMMERCE
d.
B-WEB
e.
VIRTUALIZATION
21.
SALAH SATU
KARAKTERISTIK E-COMMERCE ADALAH SEPERTI DISEBUTKAN DIBAWAH INI, KECUALI
a.
TERJADINYA TRANSAKSI ANTARA DUA BELAH PIHAK
b.
ADANYA PERTUKARAN BARANG, JASA, ATAU INFORMASI
c.
TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN BERBASISKAN JARINGAN DAN
PERALATAN DIGITAL
d.
INTERNET MERUPAKAN MEDIUM UTAMA DALAM PROSES ATAU
MEKANISME PERDAGANGAN TERSEBUT.
e.
TRANSAKSI JUAL BELI YANG
MASIH DILAKUKAN SECARA KONVENSIONAL
22. BERDASARKAN FINGAR, EMPAT
JENIS RELASI DALAM DUNIA BISNIS DISEBUTKAN SEBAGAI BERIKUT, KECUALI:
a. RELASI DENGAN PEMASOK (SUPPLIER)
b. RELASI DENGAN REKANAN (PARTNER)
c.
RELASI DENGAN PEMERINTAH (GOVERNMENT)
d. RELASI DENGAN DISTRIBUTOR
e. RELASI DENGAN KONSUMEN (CUSTOMER)
23. BERDASARKAN JENIS
APLIKASI YANG DIGUNAKAN, E-COMMERCE DIKATEGORIKAN MENJADI 4, YAITU:
a.
I-MARKET,
INTER-NETWORKING, VENDORS MANAGEMENT, DAN EXTENDED SUPPLY CHAIN
b.
I-MARKET,
CUSTOMER CARE, VENDORS MANAGEMENT, DAN INTER-NETWORKING
c.
I-MARKET,
INTER-NETWORKING, VENDORS MANAGEMENT, DAN SINGLE CONVENTIONAL SUPPLY
d.
I-MARKET, CUSTOMER CARE, VENDORS MANAGEMENT, DAN
EXTENDED SUPPLY CHAIN
e.
I-MARKET,
CUSTOMER CARE, VENDORS MANAGEMENT, DAN SINGLE CONVENTIONAL SUPPLY
- DEFINISI
SECARA UMUM MENGENAI I-MARKET YANG BENAR DIBAWAH INI ADALAH…
a.
SUATU TEMPAT ATAU ARENA DI DUNIA MAYA DIMANA CALON
PEMBELI DAN PENJUAL SALING BERTEMU UNTUK MELAKUKAN TRANSAKSI SECARA ELEKTRONIS
MELALUI MEDIUM INTERNET.
b. SUATU TEMPAT ATAU ARENA DI DUNIA MAYA DIMANA PRODUSEN
DAN INVESTOR SALING BERTEMU UNTUK MELAKUKAN NEGOSIASI BISNIS SECARA ONLINE
MELALUI TEKNOLOGI MOBILE.
c. INTERAKSI JUAL BELI YANG DILAKUKAN OLEH PENGGUNA
INTERNET
d. PROSES NIAGA YANG DILAKUAKN ANTARA PRODUSEN DAN
DISTRIBUTOR UNTUK MENYEBARKAN HASIL PRODUKSINYA KEPADA KONSUMEN MELALUI
JARINGAN INTERNET
e. SEMUA BENAR
- PROSES ATAU
AKTIVITAS YANG DIJALANKAN PERUSAHAAN MULAI DARI “BAHAN MENTAH” (RAW
MATERIALS) DIBELI SAMPAI DENGAN PRODUK JADI DITAWARKAN KEPADA CALON
KONSUMEN ADALAH SEBUAH AKTIVITAS DALAM E-COMMERCE YANG SERING DISEBUT
DENGAN..
- SUPPLY CHAIN
- VENDOR
MANAGEMENT
- MANAGEMENT
OF RESOURCES
- MARKET
REVIEW
- PRODUCTION
HOUSE
26.
DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN E-COMMERCE DIPERLUKAN LANGKAH AWAL AGAR SEMUA
KOMPONEN YANG TELIBAT DAPAT BERJALAN SESUIA FUNGSI, MAKA TELEBIH DAHULU HARUS
DITETAPKAN ?
A. VISI
E-COMMERCE
B LANGKAH AWAL PENGEMBANGAN E-COMMERCE
C. HASIL PENGEMBANGAN E-COMMERCE
D SASARAN
PENGEMBANGAN E-COMMERCE
E. MISI
E-COMMERCE
27.
BERIKUT INI YANG BUKAN
MERUPAKAN KARAKTERISTIK PENTING DARI EKONOMI DIGITAL MENURUT DON
TAPSCOTT YAITU ?
- DIGITAZION
- MOLECULARIZATION
- FERTILIZATION
- IMMEDIACY
- GLOBLIZATION
28. ELECTRONIC BUSINESS VALUE MATRIX TERDIRI DARI 4
KUADRAN, BERIKUAT INI YANG BUKAN MERUPAKAN KOMPONEN DARI KUADRAN TERSEBUT YAITU
?
- NEW FUNDAMENTALS
- RATIONAL EXPERIMENTATION
- OPERATIONAL EXPERIENCE
- BREAKTHROUGH STRATEGIES
- RATIONAL
STRATEGIES
29. BERIKUT INI YANG BUKAN
MERUPAKAN KOMPONEN (LAYER) DARI DIGITAL COMMUNITY LAYERS ADALAH ?
- CUSTOMER LAYER
- LOCATION LAYER
- APLICATION LAYER
- APPLIANCES LAYER
- INTEGRATION
MANAGEMENT LAYER
30. DIBAWAH INI
ADALAH YANG BUKAN TERMASUK DALAM PROSES
BISNIS DI KERANGKA E-COMMERCE, YANG HARUS DIKELOLA DENGAN BAIK YAITU :
- FLOW OF GOODS (ALIRAN PRODUK)
- FLOW OF
BUSINESS (ALIRAN BISNIS)
- FLOW OF INFORMATION (ALIRAN INFORMASI)
- FLOW OF MONEY (ALIRAN UANG)
- FLOW OF DOCUMENTS (ALIRAN DOKUMEN).
0 komentar:
Posting Komentar